Mesin cuci adalah peralatan rumah tangga yang untuk mempermudah pekerjaan rumah.

Bagi anda yang menjalani rutinitas sehari-hari yang super sibuk, terkadang luput memperhatikan hal kecil yang ternyata berimbas besar, seperti merawat mesin cuci.

Mesin Cuci Laundry

Namun, kerap kali penggunaan atau perawatan yang keliru membuat mesin cuci justru menjadi cepat rusak dan tidak lagi bisa berfungsi dengan baik.

Padahal keberadaan mesin cuci sangat dibutuhkan di tengah-tengah aktivitas rumah tangga, apalagi bagi Anda dengan kerja diluar rumah seharian, tentunya mesin cuci sangat membantu sekali.

Ya, benda yang meringankan pekerjaan kita sehingga pakaian kembali bersih dan kering dengan cepat ini memang seringkali terabaikan meski sering digunakan. Dan ketika si mesin tiba-tiba ‘ngambek’ alias mengalami kerusakan, Anda pun langsung panik bahkan adakalanya yang sampai mempertanyakan kualitas merek elektronik yang dipilih.

Nah, sebelum terlambat hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini supaya mesin cuci Anda tetap awet hingga bertahun-tahun lamanya.

1. Periksa saku baju atau celana sebelum mencuci

Saat hendak memasukan baju ke dalam mesin cuci, perhatikan apakah di saku baju atau celana terdapat logam, kertas, peniti, jarum, kunci, dan lain-lain, sebab hal itu lah yang sering kali masuk ke mesin cuci dan ikut tercuci. 

Jika benda tersebut tertinggal dan tercuci, maka lama-kelamaan benda tersebut dapat bersifat merusak. 

Oleh sebabnya, ada baiknya jika membiasakan untuk memeriksa terlebih dahulu pakaian yang hendak di masukan ke dalam mesin cuci, sebelum akhirnya dicuci. 

2. Pakaian jangan asal langsung dimasukan 

Jangan memasukan pakaian kotor begitu saja ke mesin cuci. Karena ketika pakaian tersebut terbelit-belit atau terlipat-lipat, usahakan untuk merapikannya terlebih dahulu hingga pakaian dalam keadaan terbuka. 

Selain bisa membuat pencucian tidak masksimal, juga kondisi pakaian yang terlipat-lipat akan mengganggu kinerja mesin cuci

3.Jangan mencampurkan berbagai jenis material pakaian

Jangan melakukan kebiasaan sering mencampurkan semua jenis bahan sekaligus. 

Mencuci jeans misalnya harus dibedakan dengan bahan lain yang lembut. 

Karena hal tersebut selain merusak bahan yang dicuci, juga dapat merusak mesin cuci. 

4. Volume cucian yang berlebih

Salah satu kesalahan yang harus dihindari adalah memaksa mesin pencuci bekerja berat melebihi kapasitasnya. Selain merusak mesin dalam jangka panjang, pakaian Anda juga tidak bisa dibersihkan secara benar dan maksimal. Sebagai tips, beri ruang kosong setidaknya 25 persen pada tabung pencuci agar kerja mesin menjadi lebih ringan. Ini adalah hal yang kerap kali tidak disadari. Jangan sekali-kali memasukan cucian kotor dari batas volume yang sewajarnya. Sebab, kelebihan kapasitas akan membuat mesin pencuci bekerja secara ekstra. 

5. Malas merawat

Mesin cuci juga perlu dirawat. Apabila selesai menggunakan mesin pencuci, sebaiknya Anda tidak lupa untuk membersihkannya. 

Pernahkah Anda menyadari ada komponen filter air di dalam interior mesin cuci? Benda tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran dan noda sisa proses pencucian. Dengan membersihkan saringan air maka mesin pencuci bisa bekerja lebih maksimal membersihkan pakaian Anda. Anda bisa menarik keluar filter dengan mudah dan mencucinya dengan cara menyikat dan membilas dengan air bersih. Cek saluran pembuangan dan bersihkan juga filternya. Jika tidak, hal tersebut akan menggangu kinerja mesin cuci

Sebab kotoran yang tersumbat, memaksa mesin untuk bekerja ekstra, selain itu menumpuknya kotoran juga bisa menimbulkan penyakit, lantaran memancing bakteri serta kuman, padahal mencuci baju niatnya adalah agar supaya bersih kan?

Sisa deterjen yang menempel di interior mesin pencuci bisa membuat kerja mesin menjadi berat dan bahkan menumpuk menjadi tempat berkembangnya jamur. Membersihkannya dengan air bersuhu sedang tidak akan maksimal mematikan kuman dan kotoran.

Jadi mulai saat ini biasakan membersihkan mesin pencuci dengan air panas setidaknya seminggu sekali. Cara ini bisa mengembalikan kesegaran mesin pencuci Anda.

Di dalam mesin pencuci terdapat kotak deterjen atau pelembut pakaian yang bisa dibuka dan ditutup. Apabila wadah ini tidak dibersihkan secara teratur bisa tersumbat dan tak dapat berfungsi dengan baik. Pastikan Anda membersihkannya dengan air hangat agar cepat dan efektif mengusir deterjen yang lengket.

Ternyata membiarkan pintu mesin pencuci terbuka ketika proses pencucian bisa memberi beberapa manfaat. Seperti misalnya menghindari suhu lembab yang memicu pertumbuhan jamur. Cara ini juga terbukti membuat interior mesin pencuci Anda lebih harum dan segar.

Jika sekarang mesin pencuci anda sedang rusak, anda juga bisa menghubungi kami untuk menyelesaikan cucian anda dengan cepat, rapi, bersih dan wangi. Kami Raja Londri melayani jasa pencucian dalam bentuk laundry kiloan dan satuan, mulai dari pakaian, jaket, sepatu, tas, dan lainnya. Tinggal hubungi kami, untuk pickup dan delivery laundry langsung di tempat kamu!

Ditunjang oleh mesin berstandar internasional, tenaga professional, dan manajemen laundry yang baik, setiap cucian kamu, kami perlakukan layaknya cucian kami sendiri

Hubungi Kami via Whatsapp dengan klik disini.